Arsitektur perangkat lunak adalah desain struktural dan organisasional dari sebuah sistem perangkat lunak yang mencakup elemen-elemen perangkat lunak, hubungan antar elemen tersebut, dan prinsip-prinsip panduan untuk pengembangan dan evolusi sistem. Ada berbagai model arsitektur perangkat lunak, dan pilihan arsitektur dapat memengaruhi kinerja, keandalan, dan pemeliharaan sistem. Beberapa model arsitektur perangkat lunak yang umum meliputi: 1. Arsitektur Berbasis Komponen (Component-Based Architecture): Sistem dibangun dari komponen-komponen independen yang dapat digunakan kembali. Ini memungkinkan fleksibilitas dan perubahan yang lebih mudah. 2. Arsitektur Berorientasi Layanan (Service-Oriented Architecture - SOA): Sistem dibangun sebagai kumpulan layanan yang dapat diakses melalui antarmuka. SOA mempromosikan integrasi dan fleksibilitas dalam pengembangan perangkat lunak. 3. Arsitektur Berbasis Mikroservis (Microservices Architecture): Sistem dibangun sebagai sekumpulan layanan...
Pengertian Subnet Mask Pengalamatan dan perutean jaringan adalah dua konsep fundamental dalam jaringan komputer yang bekerja sama untuk memastikan paket data mencapai tujuannya dengan benar. Pengalamatan Jaringan Pengalamatan jaringan adalah proses memberikan alamat unik (seperti alamat IP) ke setiap perangkat yang terhubung ke jaringan. Alamat ini berfungsi sebagai pengenal yang memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi satu sama lain. Ada dua jenis utama pengalamatan jaringan: Alamat IP (Internet Protocol): Alamat IP adalah alamat numerik yang ditetapkan ke setiap perangkat di jaringan. Alamat IP terdiri dari empat bilangan desimal yang dipisahkan oleh titik, seperti 192.168.1.100 . Nama Domain: Nama domain adalah nama yang mudah diingat yang ditetapkan untuk alamat IP. Nama domain diterjemahkan ke alamat IP yang sesuai oleh server DNS (Domain Name System). Perutean Jaringan Perutean jaringan adalah proses memilih jalur terbaik untuk paket data yang akan dikirim dari satu pera...